Minggu, 06 Mei 2012

Landasan Teknologi Pendidikan


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah            : Kajian dan Evaluasi Kurikulum
Program                   : S2 Teknologi Pendidikan
Semester                  : II
SKS                          : 2 (dua)


Tujuan Perkuliahan.

      Agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dan pengembangan kurikulum serta mampu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada.

Kegiatan Perkuliahan

     Kegitan perkuliahan akan berupa diskusi. Mahasiswa  secara bergiliran menjadi penyaji yang harus menulis makalah lebih kurang 5 halaman, digandakan sebanyak peserta. Buku teks utama hendaknya dipakai sebagai acuan, tetapi mahasiswa diwajibkan menggunakan referansi tambahan. Pada akhir diskusi, dosen akan memberi tambahan materi atau simpulan.

Buku Teks Utama.

Sowel,E.J.(2000). Corriculum: An Integrative Introduction. Upper Saddle River, New
      Jersey: Merrill.

Materi Perkuliahan.

Minggu ke
Pokok Bahasan
Sumber
1
Pengertian kurikulum
Hal 3-16
2
Kebijakan dalam pengembangan kurikulum
Hal 17-36
3
Struktur Kurikulum
Hal 41-64
4
Landasan keilmuan kurikulum
Hal 65-88
5
Landasan sosial – budaya kurikulum
Hal 89-113
6
Landasan psikologis kurikulum
Hal 114-138
7
Asesmen kebutuhan dalam pengembangan kurikulum
Hal 181-197
8
 TES TENGAH SEMESTER

9
Komponen tujuan dalam kurikulum
Hal 141-159
10
Komponen isi kurikulum
Hal 160-180
11
Komponen PBM dalam pendekatan teknis
Hal 198-218
12
Komponen PBM dalam pendekatan non-teknis
Hal 219-232
13
Implementasi kurikulum
Hal 235-257
14
Evaluasi kurikulum
Hal 258-278
15
Refleksi

16
TES AKHIR SEMESTER


Evaluasi


Presentasi                       20%
Tes Tengah Semester     30%
Tes akhir Semester         30%
Tugas Harian                  20%















   DESKRIPSI MATA KULIAH
(kelas Purwokerto)

Mata Kuliah            : Kajian dan Evaluasi Kurikulum
Program                   : S2 Teknologi Pendidikan
Semester                  : II
SKS                          : 2 (dua)

Tujuan Perkuliahan.
      Agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dan pengembangan kurikulum serta mampu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada.

Kegiatan Perkuliahan

           Kegiatan perkuliahan akan berupa seminar dan diskusi, mahasiswa secara bergiliran menjadi penyaji (lihat materi di bawah). Mahasiswa yang mendapat tugas sebagai penyaji harus menulis makalah ilmiah (lebih kurang 5 halaman), digandakan sebanyak mahasiswa. Sumber utama  hendaknya dipakai sebagai acuan, tetapi mahasiswa disarankan juga menggunakan sumber tambahan. Waktu presentasi 30 menit, sisa waktu untuk diskusi dan tambahan materi oleh dosen pengampu.

Buku Teks Utama.
Sowel,E.J.(2000). Curriculum: An Integrative Introduction. Upper Saddle River, New
      Jersey: Merrill.

Materi Perkuliahan.

Pert
Jam
Pokok Bahasan dan Sumber Utama
Penyaji



Ke 1
12.30-14.00
Pengertian kurikulum (hal 3-16)
A Zaenal
14.00-15.30
Kebijakan dalam pengembangan kurikulum (hal 17-36)
Hariyadi /
Sunaryo
16.00-17.30
Struktur Kurikulum (hal 41-64)
Hari Pratomo / Sutarno A
08.00-09.30
Landasan keilmuan kurikulum (hal 65-88)
Irma Pujadi /
Sutarno B
09.30-11.00
Landasan sosial – budaya kurikulum (hal 89-113)
Marsito /
Titik P.
11.30-13.00
Landasan psikologis kurikulum (hal 114-138)
Ruslan Haris / Titus S.
14.00-15.30
Inisiasi pengembangan kurikulum (hal 141-159)
Sartono /
Tjaroko Tj.
15.30-17.00
 TES TENGAH SEMESTER




Ke 2
12.30-14.00
Isi kurikulum (hal 160-180)
Sl Sartono /
Warmanto
14.00-15.30
Asesmen kebutuhan dalam pengembangan kurikulum (hal 181-197)
Sl Suroso /
Yuslan
14.00-17.30
Pendekatan teknis dalam pengembangan kurikulum (hal 198-218)
Sony Irianto / Yusuf Wb.
08.00-09.30
Pendekatan non-teknis dlm pengembangan kurikulum (hal 219-232)
Sri Supriyadi / Endang Sty.
10.00-11.30
Implementasi kurikulum (hal 235-257)
Sukedi / Yoyo Dwij.
12.30-15.30
Evaluasi kurikulum (hal 258-278)
Sunarno
16.00-17.30
TES AKHIR SEMESTER


Evaluasi

Presentasi                           20%
Tes Tengah Semester         30%
Tes akhir Semester             30%
Tugas/partisipasi Harian    20%

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar