DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah : Kajian dan Evaluasi Kurikulum
Program : S2 Teknologi Pendidikan
Semester : II
SKS : 2 (dua)
Tujuan Perkuliahan.
Agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dan pengembangan kurikulum serta mampu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada.
Kegiatan Perkuliahan
Kegitan perkuliahan akan berupa diskusi. Mahasiswa secara bergiliran menjadi penyaji yang harus menulis makalah lebih kurang 5 halaman, digandakan sebanyak peserta. Buku teks utama hendaknya dipakai sebagai acuan, tetapi mahasiswa diwajibkan menggunakan referansi tambahan. Pada akhir diskusi, dosen akan memberi tambahan materi atau simpulan.
Buku Teks Utama.
Sowel,E.J.(2000). Corriculum: An Integrative Introduction. Upper Saddle River, New
Jersey: Merrill.
Materi Perkuliahan.
Minggu ke | Pokok Bahasan | Sumber |
1 | Pengertian kurikulum | Hal 3-16 |
2 | Kebijakan dalam pengembangan kurikulum | Hal 17-36 |
3 | Struktur Kurikulum | Hal 41-64 |
4 | Landasan keilmuan kurikulum | Hal 65-88 |
5 | Landasan sosial – budaya kurikulum | Hal 89-113 |
6 | Landasan psikologis kurikulum | Hal 114-138 |
7 | Asesmen kebutuhan dalam pengembangan kurikulum | Hal 181-197 |
8 | TES TENGAH SEMESTER | |
9 | Komponen tujuan dalam kurikulum | Hal 141-159 |
10 | Komponen isi kurikulum | Hal 160-180 |
11 | Komponen PBM dalam pendekatan teknis | Hal 198-218 |
12 | Komponen PBM dalam pendekatan non-teknis | Hal 219-232 |
13 | Implementasi kurikulum | Hal 235-257 |
14 | Evaluasi kurikulum | Hal 258-278 |
15 | Refleksi | |
16 | TES AKHIR SEMESTER | |
Evaluasi
Presentasi 20%
Tes Tengah Semester 30%
Tes akhir Semester 30%
Tugas Harian 20%
DESKRIPSI MATA KULIAH
(kelas Purwokerto)
Mata Kuliah : Kajian dan Evaluasi Kurikulum
Program : S2 Teknologi Pendidikan
Semester : II
SKS : 2 (dua)
Tujuan Perkuliahan.
Agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dan pengembangan kurikulum serta mampu melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada.
Kegiatan Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan akan berupa seminar dan diskusi, mahasiswa secara bergiliran menjadi penyaji (lihat materi di bawah). Mahasiswa yang mendapat tugas sebagai penyaji harus menulis makalah ilmiah (lebih kurang 5 halaman), digandakan sebanyak mahasiswa. Sumber utama hendaknya dipakai sebagai acuan, tetapi mahasiswa disarankan juga menggunakan sumber tambahan. Waktu presentasi 30 menit, sisa waktu untuk diskusi dan tambahan materi oleh dosen pengampu.
Buku Teks Utama.
Sowel,E.J.(2000). Curriculum: An Integrative Introduction. Upper Saddle River, New
Jersey: Merrill.
Materi Perkuliahan.
Pert | Jam | Pokok Bahasan dan Sumber Utama | Penyaji |
Ke 1 | 12.30-14.00 | Pengertian kurikulum (hal 3-16) | A Zaenal |
14.00-15.30 | Kebijakan dalam pengembangan kurikulum (hal 17-36) | Hariyadi / Sunaryo | |
16.00-17.30 | Struktur Kurikulum (hal 41-64) | Hari Pratomo / Sutarno A | |
08.00-09.30 | Landasan keilmuan kurikulum (hal 65-88) | Irma Pujadi / Sutarno B | |
09.30-11.00 | Landasan sosial – budaya kurikulum (hal 89-113) | Marsito / Titik P. | |
11.30-13.00 | Landasan psikologis kurikulum (hal 114-138) | Ruslan Haris / Titus S. | |
14.00-15.30 | Inisiasi pengembangan kurikulum (hal 141-159) | Sartono / Tjaroko Tj. | |
15.30-17.00 | TES TENGAH SEMESTER | | |
Ke 2 | 12.30-14.00 | Isi kurikulum (hal 160-180) | Sl Sartono / Warmanto |
14.00-15.30 | Asesmen kebutuhan dalam pengembangan kurikulum (hal 181-197) | Sl Suroso / Yuslan | |
14.00-17.30 | Pendekatan teknis dalam pengembangan kurikulum (hal 198-218) | Sony Irianto / Yusuf Wb. | |
08.00-09.30 | Pendekatan non-teknis dlm pengembangan kurikulum (hal 219-232) | Sri Supriyadi / Endang Sty. | |
10.00-11.30 | Implementasi kurikulum (hal 235-257) | Sukedi / Yoyo Dwij. | |
12.30-15.30 | Evaluasi kurikulum (hal 258-278) | Sunarno | |
16.00-17.30 | TES AKHIR SEMESTER | |
Evaluasi
Presentasi 20%
Tes Tengah Semester 30%
Tes akhir Semester 30%
Tugas/partisipasi Harian 20%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar